Peringati Hari Keterbukaan Informasi, Umri Gelar Kuliah Umum Bersama Pj Bupati Kampar dan Ketua Informasi Pusat

Pekanbaru (Konsep88.com) - Dalam rangka memperingati hari keterbukaan informasi nasional Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) bersama Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar kuliah umum dengan tema 'Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif, pada Selasa (16/5/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Umri ini dihadiri oleh Rektor Umri yakni Dr H Saidul Amin MA, beserta jajaran. Hadir juga dua narasumber yakni Ketua Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) Dr Ir Donny Yoesgiantoro MM MPA, dan Pejabat Bupati Kabupaten Kampar Dr H Kamsol MM. 

Kuliah umum ini merupakan kesempatan bagi adik-adik mahasiswa untuk bertanya apa saja dan mahasiswa itu memang harus nakal tetapi nakal dari segi sosial, intelektual dan kultural, ujar Rektor Umri saat sambutannya.

Ia juga mengatakan jika bidang komunikasi dan pemimpin menjalin komunikasi dengan sebaik-baiknya.Jika keduanya menjalin komunikasi dengan baik maka hal-hal yang dapat merusak dapat kita cegah seawal mungkin.

Ketua Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) Dr Ir Donny Yoesgiantoro M M M P A, dalam materinya memaparkan bahwa informasi dan penerima informasi publik tidak dapat dihalangi.

Orang yang berkebutuhan khusus juga akan diberikan layanan informasi yang bisa diterima seperti olehnya, informasi publik juga tidak boleh tertutup dan harus transparan, paparnya.

Dalam kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa ini ia juga mengingatkan  mahasiswa agar menguasai informasi.Jka kita mau berhasil sebagai mahasiswa informasi baik pengetahuan dan lingkungan anda harus terkonsep, terbuka dan dikembangkan.

Disamping itu Pj Bupati Kampar, Dr  Kamsol MM dalam materinya mengatakan bahwa informasi memiliki beberapa kriteria.Bagaimana informasi tersebut dapat bernilai dan bermanfaat akurat, tepat waktu dan relafan dengan situasi yang lengkap, efektif, konfidensial, integritas, ketersediaan dan kebenaran yang paling utama.

Lebih lanjut ia bertutur bahwa saat ini sudah memasuki era 4.0 yang mana nantinya akan naik menjadi era super smart society. Super smart society yaitu manusia yang memiliki kecerdasan luar biasa dan ini yang diharapkan pada era revolusi dan industri karena kecerdasan yang biasa saja sudah digantikan dengan robot dan aplikasi.

Untuk menunjang peningkatan kecerdasan ia mengatakan hal tersebut dapat dibantu dengan memahami literasi.Adik-adik mahasiswa harus memahami literasi baca dan tulis selain itu literasi digital yakni kecakapan menggunakan media digital serta bertanggung jawab dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dan selalu berhati-hati, pungkasnya.(syaf**)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama