Berakhir Sudah KPU Kampar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten di 21 Kecamatan

Bangkjnanv Kota (Konsep88.com)  – KPU Kampar akhirnya selesaikan 21 kecamatan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten, yang bertempat di Aula kantor Bupati Kampar.

Ketua KPU Kampar Maria Aribeni melalui Sardalis mengatakan kecamatan terakhir rekapitulasi kecamatan tambang, tapung itu sudah selesai dibacakan perolehan rekapitulasi hasil suara dan hasil sudah ditetapkan oleh KPU Kampar.

“Dari jenis surat suara di masing – masing tingkat Kecamatan, walau pada saat itu juga banyak masukan dan tanggapan dari saksi. Namun semua sifatnya membangun untuk perbaikan – perbaikan data, serta perolehan hasil para caleg,”ungkap Sardalis saat di konfirmasi awak media, Jumat (1/03/2024) malam.


Kemudian terakhir kecamatan Kampar kiri tengah yang sempat di tunda rekapitulasinya. Karena ada beberapa hal yang di temukan oleh saksi terkait masalah perolehan suara serta data pemilih, data pengguna hak pilih, data surat suara yang digunakan itu belum di temukan kesamaan.

Alhamdulillah hari ini semuanya sudah di luruskan dan di selesaikan dengan membuka kotak, kemudian meminta keterangan saksi,” jelasnya.

Akhirnya sudah berakhir pembacaan dengan hasil dapat di terima tanpa ada lagi masukan dari saksi pada saat akhir pembacaan perolehan hasil di tingkat kecamatan Kampar kiri tengah,” sambung Sardalis.

Ia katakan tepat pada pukul 00.00 wib malam KPU Kampar sudah mengakhiri pembacaan rekapitulasi hasil perolehan suara 21 kecamatan di kabupaten Kampar.


Tidak ada memiliki catatan – catatan negatif, begitu bawaslu dengan antusiasnya melakukan pengawasan, bahkan ada juga rekomendasi dan kepolisian dari awal sampai akhir sangat ketat didalam mengawal jalan prosesnya rekapitulasi.


“Namun pada akhir dari rekapitulasi hasil pada malam hari ini, tidak ada catatan -catatan yang akan timbul melahirkan isu negatif. Semua proses dilalui dengan sangat aman tenang dan tentram dengan hasil insya allah semoga dapat diterima,

Ia juga menambahkan kita akan perbanyak hasil untuk diserahkan ke saksi partai politik untuk dilakukan percermatan.

Setelah dilakukan percermatan, bisa saja nanti ada usulan lagi atau sudah diterima, lalu KPU akan tetapkan perolehan hasil di tingkat kabupaten Kampar dari 5 jenis surat suara.

Setelah itu kita akan memperbanyak tanda tangan saksi dan akan diserahkan ke saksi, kemudian KPU bersama bawaslu serta kepolisian siap – siap untuk mengantarkan hasil rekapitulasi ke KPU Provinsi Riau. Dan untuk perolehan hasil DPRD kabupaten Kampar akan di tinggalkan di KPU,” ucapnya.


Sardalis berharap setelah di tetapkannya perolehan suara tingkat kabupaten Kampar, tidak ada lagi gangguan. Dan menetapkan perolehan hasil dan perolehan kursi serta mengusulkan pengurusan SK ke Gubernur, untuk pelantikan oleh pemerintah Provinsi Riau.

Kemudian Data dan rekap KPU yang dibawah ke Provinsi nantinya khusus DPRD Provinsi Riau, DPD, DPRI dan Presiden. Juga kita mengharapkan seperti apa kita lalui disini juga seperti itu hendaknya nanti di Provinsi Riau tidak mengalami hambatan.

Untuk kabupaten sampai saat ini, hasil akhirnya Bawaslu, seluruh saksi dan para undangan lainya menerima hasil yang di tetapkan oleh KPU kabupaten Kampar,”pungkasnya.(syaf**).

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama